Prospek Jurusan Ilmu Perpustakaan

IMASIP UIKata siapa jurusan ilmu perpustakaan hanya berkutat pada buku-buku saja?? kalau ada pertanyaan, apakah saya seseorang yang “kutu buku”?? jawaban saya, “tidak juga”. Kata siapa masa depan kita suram setelah kuliah di jurusan ilmu perpustakaan???? justru lulusan dari jurusan ini berpotensi menjanjikan prospek masa depan yang cerah dalam dunia kerja nantinya… Bahkan di luar negeri seperti Universitas-universitas di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa seperti Inggris dan Jerman, jurusan ini yang paling favorit disana!! Mata kuliah di jurusan ini juga nggak monoton tentang perpustakaan aja. Yang menarik karena ada cakupan ilmu komputer yang melingkupi pangkalan data informasi dan peran TI itu sendiri dalam mendukung digital library. Bahkan  salah satu dosen saya pernah mengatakan bahwa ada perbedaan antara sub bidang ilmu komputer dengan ilmu perpustakaan. Jika ilmu komputer mengarah ke “pembuat” arsitektur sistem informasinya, maka kita yang berperan “mengorganisir” sistem informasinya agar sampai kepada yang membutuhkan. Hebat bukan????

Kita akan belajar tentang Database, Teknologi Multimedia, Jaringan Lembaga Informasi, Manajemen Perpustakaan Digital, Profesi Informasi, Psikologi untuk Profesional Informasi, Aplikasi Teknologi untuk Pengelolaan Informasi, dan lain-lain. Belum lagi mata kuliah belanja baik antar jurusan maupun fakultas yang bisa kita ambil untuk memperkaya ilmu kita.  Yaaa… kalau kita nggak jadi pustakawan paling banter kita bisa jadi orang yang cukup berkompeten sama bidang yang berbau komputer dan jasa layanan seperti pengembang perangkat lunak untuk perpustakaan bagi yang bercita-cita jadi programmer maupun pengembang jasa layanan informasi seperti konsultan informasi perpusakaan dan arsip suatu lembaga . Disini juga ada mata kuliah yang mirip-mirip sama manajemen seperti mata kuliah yang berjudul “Administrasi Organisasi Lembaga Informasi” dan “Manajemen Perpustakaan”. Mata kuliah itu kental banget nuansa manajemennya. Kita belajar mulai dari memahami karyawan, ruang kerja yang efektif hingga tentang pengelolaan sebuah lembaga dengan teori-teori dari barat dan Asia serta bagaimana mengembangkan dan memimpin pusat dokumentasi suatu lembaga. Ada juga kuliah yang kental dengan nuansa riset dan penelitian seperti pengantar metodologi penelitian kebudayaan dan metode penelitian dasar ilmu informasi. Pun dengan pengembangan ilmu perpustakaan itu sendiri dari sudut pandang lain seperti Informasi dalam konteks sosial budaya, pelestarian koleksi perpustakaan dan arsip seperti preservasi dan konservasi, hal-hal yang bersifat teknis perpustakaan dalam bidang organisasi informasi seperti metadata untuk temu kembali informasi, klasifikasi, dan kosakata indeks, serta analisa kritis mengenai profesi kepustakawanan Indonesia yang bisa didapat dari mata kuliah profesi informasi.

Jadi kuliah di perpustakaan nggak melulu tentang buku. Belum lagi seiring jalannya perkembangan teknologi yang semakin berkembang, mata kuliah yang berbau teknologi biasanya ditambah terus setiap tahunnya. Belum lagi kita dapat mata kuliah bahasa Inggris sampai bahasa Inggris professional. Makin asyik tuh kayaknya….

Dari mata kuliah yang udah disebutin tadi pasti akan mengarah ke prospek kerja kita nantinya. Dari mata kuliah yang berbau komputer dan database tentunya nanti kita bisa menjadi orang yang cukup mumpuni menjadi pengelola database atau database maker. Sekarang perusahaan besar mana yang tidak butuh seorang ahli database? Bahkan seorang pencipta database saja tidak cukup karena di mata kuliah lainnya kita belajar tentang manajemen koleksi yang akan berhubungan dengan kemudahan temu kembali dokumen. Ini yang membuat kita mempunyai nilai plus dari sarjana ilmu komputer. Jadi mata kuliah dasar-dasar organisasi informasi (DOI) dan kosakata indeks itu gunanya banyak sekali dalam mempersempit pencarian database. Selain itu kita bisa menjadi website designer (teknologi multimedia) hingga manajer (manajemen rekod/arsip), secara kita belajar manajemen juga kan?

Seorang pustakawan yang konon katanya banyak dicari emang benar! Apalagi jika perusahaan sudah go public mereka harus mempunyai tatanan dokumen dan arsip yang lengkap dan rapi untuk proses temu kembali. Bayangkan jika sebuah dokumen saham salah letak, bisa berabe deh! Ada juga yang bekerja sebagai pencari informasi (ahli informasi), arsiparis, ahli manajemen, dan kalau kita berprestasi biasanya kita disekolahin lagi untuk S-2. Makanya lulusan ilmu perpustakaan nggak melulu kerja di perpustakaan tetapi hampir seluruh lembaga pemerintah dan swasta serta kedubes-kedubes asing. Di samping itu, masih sangat banyak perpustakaan yang jumlahnya ribuan, baik perpustakaan perguruan tinggi maupun sekolah-sekolah, perpustakaan umum maupun khusus, yang belum mempunyai karyawan berpendidikan formal tingkat sarjana dalam bidang perpustakaan dan informasi. Itulah nanti gunanya kita kuliah praktik kerja lapangan di perpustakaan dan arsip instansi mana saja agar selain bisa mempersiapkan diri di dunia kerja juga berperan aktif dalam mengembangkan organisasi instansi itu sendiri. Bahkan jika kita mempunyai inisiatif dan sikap yang kreatif sebagai mahasiswa, kita bisa membuat sebuah proyek bersama dosen dalam mengembangkan perpustakaan dan kearsipan suatu lembaga yang selain dapat mengaplikasikan ilmu kita di masyarakat juga dapat mempertebal kantong kita! Hhehe…

Itu mungkin prospek seorang sarjana perpustakaan yang bisa gue jelasin untuk sementara. Memang nggak sedikit seorang sarjana perpustakaan yang berpindah haluan dari yang seharusnya menjadi seorang pustakawan. Tapi di luar negeri semua orang berbondong-bondong menjadi pustakawan dan dianggap hebat! Karena pustakawan itu adalah pekerjaan yang lebih mulia dari dokter dan guru. Jika seorang dokter mengobati orang sakit. Kitalah yang menyediakan mereka informasi bagaimana menyembuhkan orang sakit. Jika guru mengajari muridnya. Kitalah yang menjadi penjaga sumber ilmu guru tersebut. Dan enaknya lagi selagi kita bekerja, kita bisa sambil belajar karena ilmu dari konten jurusan ini beragam dan bermacam-macam. Makanya tidak ada ruginya menjadi pustakawan.

Kalau kalian masih ragu dengan jurusan ini, carilah lulusan atau fresh graduate ilmu perpustakaan UI yang nganggur dalam waktu lebih dari setahun. Jarang banget loh! kecuali emang IPK-nya benar-benar begitu deh… hehehe…

Ditulis oleh Aditio Setya Wicaksono JIP 2008

65 thoughts on “Prospek Jurusan Ilmu Perpustakaan

  1. nell

    Ka, aku emang ingin sekali masuk ke jurusan ini dan allhamdulillah aku masuk ke jurusan ini di ui melalui snmptn undangan tp jujur aja aku gatau bnyk yg dipelajari apalagi aku ini bodoh komputer. Apakah pelaharan berkaitan komputer di jurusan ini sulit? Apakah orang terhitung gaptek seperti saya bisa mengikutinya? Dosen siapa yg sekiranya tepat membimbing saya untk lebih paham basi komputer di jurusan ini? Terima kasih ka mohon di balas

    Reply
  2. nunuiichan

    Terima kasih untuk informasi nya yang sangat bermanfaat ini :D
    saya juga berencana ingin masuk jurusan ini kak, mudah mudahan masuk ke UI jalur undangan. Amien.

    salah ngga sih, kak, kalau misalnya kita milih jurusan ini, karena di dasari pada niat ‘suka banget sama buku’ ?

    oh ya, salam kenal ya kak! ^^

    Reply
  3. Ghina

    mau nanya lg nih kak. saya dikasih buku tentang jurusan2 di kuliah dari tempat les, trs pas di bagian JIP ditulis kemampuan dasarnya itu akuntansi, tp setelah baca2 postingan kakak kayaknya gada hubungannya sama akuntansi. jd bener gak tuh? soalnya saya suka akuntansi, ya kalo misalkan gak dpt jurusan akuntansi kan bisa ambil JIP gituuu

    Reply
  4. nang

    gan? denger denger jurusan ilmu Perpustakaan peminat cowok nya dikit ya? katanya rata-rata kebanyakan cewek peminatnya? apa iya?

    Reply
  5. Dinda

    Ka aku mau nanya, jurusan perpusatakaan itu belajarnya ngapain sih? Trs bljr ttg komunikasi gt jg ga? Aku mau milih ini, tp keluarga ku bilang klo aku udh lulus trs ntr teknologi udh maju bgt, aku malah susah dpt kerja krn ga dibutuhin. Jd aku bingung hehe, minta sarannya ya ka maaf curhat hehe makasih ka:)

    Reply
    1. Zahra Erlani

      ka, katanyakan ilmu perpustakaan itu masuk jurusan IPS tapi kalo saya dari IPA peluang masuk atau ketrimanya gimana?

      Reply
  6. Sidiq Tri Nugroho

    Kak aq mau tanya….saya kan dari UNS jurusan D3 Perpustakaan, nah misalkan saya sudah lulus dari Jenjang D3 dari UNS ini kira-kira bisa nggak ya transfer ke S1 Jurusan Ilmu Perpustakaan UI? mohon pencerahannya,,,,thanks…

    Reply
  7. Lusianita

    Hemm tmat dr skolah ni..aq pngin msuk USU(univrsitas sumatra utara)
    jurusan ilmu prpustakaan..do’ain ja ya kakak2 smua..

    tpi gmna,tntang kmputersih msik kurang???

    Reply
  8. Ricky Handoko

    saya bingung, sudah diterima D3 Perpustakaan tapi saya bimbang karena ditawari masuk ke prodi akuntansi, minta pendapatnya .

    Reply
      1. Ricky Handoko

        Apakah di jurusan perpustakaan juga berlaku tranfer dri d3 ke s1, dri s1 ke s2, dri s2 ke s3 & menjadi dosen ?

  9. ka saya D-2 ilmu perpustakaan universitas terbuka, kalu lulus bisa langsung diterima gak, maksud saya ijazahnya diterima oleh pemerintah gak

    Ka saya D-2 ilmu perpustakaan universitas terbuka, kalu lulus bisa kerja gak

    Reply
  10. dyah@yu

    q cm D2 itupun di UT.q tanya dong kak sebenarnya ut itu negeri atau swasta sih?kalo menurut kk?q jd minder deh g bs jd org2 yg hebat spt kk yg bs ngrti bgt ttg guna dr ilmu perpstkaan itu sndr.

    Reply
  11. ulfah

    Kaaaa mohon bantuannya dong gimana pendaftaran masuk ke UI fakultas perpustakaan terus tanggal berapa tesnya… Makasih

    Reply
      1. ahustaghna

        Apa bener masuk UI lewat SNMPTN harus nilai rata-rata rapot harus 8,8 ?
        Isu-isu dari temen begitu ka

  12. Lilis Ashter

    Wahh, Alhamdulillah. . Bisa dapet pengantar,
    dri kemarin bingung pilih jurusan, tp insya Allah ilmu perpustakaan. . Bru mau daftar. . hehe
    makasih kk, manfaat bnget :)

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s