Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia

Tulisan ini didedikasikan untuk pengenalan Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi FIB UI di ayomasuk.ui.com milik adkesma BEM UI, untuk anak JIP tolong Draft ini dikritisi dan mohon masukannya

Banyak orang yang tidak tahu ternyata ada jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi di UI. Padahal dikalangan mahasiswa UI, jurusan ini salah satu jurusan paling bergengsi di kampus berjaket kuning, apalagi setelah rektor UI membangun perpustakaan baru yang mendapat predikat terbesar di Asia Tenggara citra jurusan ini semakin terangkat dan didengar oleh masyarakat umum.
Apa itu Ilmu Perpustakaan dan Informasi?
Saat mendengar ilmu perpustakaan pasti dalam pikiran kita terbayang sebuah ruangan berisi penuh buku dan sepi. Tapi bayangan itu pasti akan berubah ketika kita tahu apa saja yang kita pelajari disini.
Materi yang dipelajari di Ilmu Perpustakaan adalah ilmu interdisipliner dari ilmu manajemen, teknologi informasi, komunikasi, metadata,  pendidikan dan ilmu-ilmu lain yang berhubungan dengan penataan koleksi, peng-organisasian, pelestarian, dan penyebarluasan sumber informasi.
Jadi mata kuliah yang kita pelajari nggak monoton dan selalu up-to-date dengan perkembangan zaman sesuai dengan teknologi informasi terkini.
Prospek Lulusan
Jadi lulusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi nggak usah takut nganggur. Jangankan nganggur, belum lulus saja sudah banyak tawaran untuk kerja disana-sini. Makanya nggak heran ada beberapa mahasiswa ilmu perpustakaan yang keasyikan kerja sampe lupa skripsi.
Banyak sekali bidang-bidang keahlian yang nantinya akan kita kuasai ketika lulus dari jurusan ini. Maka dari itu prospek kerja lulusan Jurusan ini sangat beragam dan banyak dibutuhkan di instansi pemerintah, swasta tingkat nasional dan internasional, dan jika kemampuan bahasa asing cukup baik, bisa mendapat kesempatan untuk bekerja di perusahaan asing dalam negeri maupun luar negeri.
Jadi PNS-pun juga oke banget, karena lulusan jurusan ilmu perpustakaan adalah salah satu lulusan yang paling dimanja di instansi pemerintah, selain mendapat kemungkinan untuk disekolahkan kembali (S2 di dalam atau luar negeri), pustakawan mendapat intensif tunjangan kelangkaan profesi loh.
Keuntungan Jadi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Banyak banget keuntungannya terutama buat mahasiswa yang ingin kerja part-time atau magang, banyak sekali permintaan magang atau part time di perpustakaan dan unit kearsipan di instansi pemerintah atau perusahaan. Jadi selain kita mencari ilmu kita bisa sekalian nyambi mencari uang.
Untuk yang doyan organisasi. Kita juga punya himpunan mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan dan informasi yang bernama IMASIP UI yang merupakan singkatan dari Ikatan Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Belum lagi kegiatan-kegiatan badan otonom dan badan semi otonom yang seperti ekstrakulikuler di sekolah yang berjumlah belasan di Fakultas Ilmu Budaya. Mulai dari kegiatan olahraga, bermusik, teater, seni daerah seperti alat musik tradisional, batik dll, juga fotografi dan kegiatan kegamaan menurut kepercayaan masing-masing. Juga buat kamu yang ingin jadi mahasiswa eksekutif dan legistlatif, di FIB UI ada BEM dan DPM FIB UI. Itu baru di tingkat FIB saja, belum lagi organisasi  tingkat UI yang segedubrak bikin kamu betah jadi mahasiswa UI.
Nah, jadi buat kamu yang masih bingung buat milih jurusan?  Jurusan ini sangat direkomendasikan banget buat kamu yang ingin pilih jurusan buat kuliah nanti

96 thoughts on “Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia

  1. Tedy

    Wah thx bgt nii buat infonya, kebeneran bgt saya memang lg tertarik untuk masuk ke ui,,kmren jga smpet ikud tryout simak ui, pokoknya asyik lah kalo bs ditrima di Ui, oh ya saya mw nanya,setelah membaca postingan diatas saya jadi tertarik dgan ilmu keperpustakaan,sbelum’nya saya sempat melirik pada jurusan sastra inggris,namun saya kurang yakin buat kedpan’nya, pertanyaan nya adalah daya tampung untuk bs masuk di ilmu kepustka’an berapa? Lalu bagaimanakah peminatnyaa saya takud jurusan yg saya ambil ni trlalu bnyag peminatnyaa,,dan terakhir untuk seleksi masuk Ui sendiri apakah ada test khusus untuk jurusan yg kita ambil,karena jujur saja saya tidak terlalu mengerti ttg keperpustakaan.
    Trima kash..

    Reply
  2. Nova Gunartri

    ehm…boleh kah bertanya????
    jadwl ekstensi di UI untuk S1 Perpustakaan biasany jam berapa??? ada kelas malem ato weekend g???
    kbetulan skrg lg pengen transfer niy,,,tp jg udh ada kerjaan. thanks sebelumnya…

    Reply
    1. Pudjiharti

      Mau tahu mana saja yg buka S1 transfer dari D2-3 perpust? salah satunya adalah Universitas YARSI, jl Letjen Suprapto, Cempaka Putih Jakpus., Prodi Ilmu Perpustakaan di bawah Fakultas Teknologi Informasi, Kuliah di gedung baru, modern, dosen2nya alumni UI lho
      Ayo kunjungi http://www.yarsi.ac.id

      Reply
  3. agus

    Wooooow, mantap dong jurusan gue, haha
    Salam kenal dari Jurusan informasi dan perpustakan UNPAD! :)

    Reply
  4. M. Bagus Yodha

    great !!! jurusan ini memang msh sepi peminat, tp banyak peluang kerja yang menanti so jgn takut jd anak JIP. hehe

    Reply
      1. ronald

        wah k’ren artikel ny…
        gue jg mhsiswa S1 ILMU PERPUSTAKAAN UNDIP.
        mnurut sy klo bs ad event / share mahasiswa maupun alumni ilmu prpustk antar universitas gitu…semangat.

  5. Dio Eka

    senang sekali masih ada pemuda yang peduli dengan ilmu perpustakaan.
    semoga menjadi inspirasi kita semua
    aku juga mahasiswa D3 teknisi perpustakaan, universitas airlangga.

    ada sebuah organisasi yang namanya HMPII (Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi Indonesia), organisasi tersebut merupakan wadah bagi kita mahasiswa perpustakaan untuk terus melakukan komunikasi dan sharing informasi dan masih banyak lagi kegiatan yang seru.

    so, bener juga kata mas Hanif Ridwan, gag usah minder jadi calon mahasiswa atau mahasiswa ilmu perpustakaan.
    ilmu perpustakaan, InsyaAllah masa depan terjamin

    Reply
    1. della

      thanks banget ni artikel berguna banget!!!
      tahun ini mudah mudahan gua bisa kterima undangan ilmu perpustakaan di UI AMINNN!!! doain ya semuaa :)

      Reply
    2. chintya

      contoh lowongan pekejaan bagi D3 teknisi perpustakaan apa saja ya? saya mahasiswa baru yg sedang mencari info tentang prospek kerja D3 teknisi perpustakaan. mohon komentarnya. terimakasih :)

      Reply
  6. Dziey Syah Afnanul Qolby

    Tx bget buat mas Hanif yg dh nulis artikel ni…brkat artkel ni jd semangat 45 tuk lnjut dsna,,doain y mudh2an tahun dpn bs lanjut d UI,alx skrg msih smeter 4 di D3 JIP UNHALU,,,
    smg Alloh mmbukan dan mmudahkan jalan untk nntut ilmu dsni,amiin y robbal alamiin

    Reply
  7. Robhy Cahyadi

    makasih bwt informasinya gan, bermanfaat banget . . kebetulan saya sedang nyari ” informasi tentang jurusan perpustakaan ini . . ternyata saya tambah semangat bwt masuk jurusan ini.. . ..
    Doain saya semoga bisa masuk Jurusan Ilmu Perpusakaan UI .. .^-^ ..Aminn . .

    Reply
  8. dela

    kalo D3 Perpustakaan mau ngelanjut ke S1 nya bis gk? susah bnget dpet informasi nya, saya pengen ngelanjut. tolong bantuaannya yah.. mksi

    Reply
  9. Nell

    Saya dari SMAN 34 allhamdulillah saya berhak mendaftar jalur snmptn undangan dan saya telah memutuskan memilih jurusan ilmu perpustakaan dan informasi UI. Saat ini baru saya yang memilih jurusan tersebut. Tolong di doakan ya. Karena, saya ingin juga masuk ke SUMA UI dan kalau bisa jadi anggota BEM FIB UI doakan saya ya!!! ^^

    Reply
  10. Eka ce putrie sulung

    Mas hanif mang law ngambil jrusan perpstakaan g bisa lgsug ngmbil S1 trus gmn ksih sran donk soal ny q ada mnat ambil jrusan itu

    Reply
  11. Eka ce putrie sulung

    Mas hanif mo tny mang ngambil jrusan perpus g bsa lgsug S1 mang hrus ke D2 dlu tlong ksih sran y thank’ sblum ny

    Reply
  12. eva

    assalamualaikum wr.wb
    mas hanif saya eva dari SMAN 15 TNGRNG..
    saya baru dngar kalau ada jurusan ilmu perpustakaan…
    itu juga saya tadi dapet info dari bude saya…
    dan saya cari-cari ternyata artikel mas hanif bikin hati saya ingin masuk ke jurusan ilmu perpustakaan UI…
    saya minta doanya semoga tahun depan saya bisa masuk di jurusan itu… amin ya allah

    Reply
  13. lina meliana

    brarti ngk sia2 donk, awk ambil jurusan perpustakaan. alny ea, byk jg peminatnya. jd, pingin cpt slesai nihz… biar, lngsng krj… wkwkwk….

    Reply
  14. Pudjiharti

    Mau lanjut ke Si perpustakaan? Silakan buka http://www.yarsi.ac.id
    Prodi Ilmu Perpsustakaan , di bawah Fakultas Teknologi Informasi, Universitas YARSI, jalan Letjen Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat membuka penerimaan mahasiswa reguler ataupun transfer dari D2-3 perpustakaan. Akreditasi B. Biaya terjangkau .

    Reply
  15. hanii

    kok di website resmi UGM fakultas ilmu pengetahuan budaya tahun ini ngga tertulis jurusan ilmu perpustakaan dan informasi ? di tiadakan atau gimana ?

    Reply
  16. Ratna Dwi K

    mas mau tanya di UI bisa transfer s2? boleh minta alamat web nya?
    kalau selain UI dimana ya mas.?
    makasih :)
    mas mau tanya di UI bisa transfer s2? boleh minta alamat web nya?
    kalau selain UI dimana ya mas.?
    makasih :)

    Reply
  17. hizba

    Saya juga sedang kuliah jurusan perpustakaan di UT , kuliah di UT hanya hari minggu nya saja. untuk mengisi hari senin-sabtu yg kosong, sy berniat mau kuliah lg di jurusan lain. kalo sy ambil jurusan kearsipan apakah itu sangat tepat??

    Reply
  18. Annisa Nur Fatwa

    kalo di jurusan ini pelajaran ipa nya ada yg dipelajari ga ka, kalo boleh matkul apa aja yg ada di jurusan ini?
    insyaallah saya mau kuliah ngambil jurusan ini taun depan, mohon infonya ya ka:) trmks

    Reply
  19. Tasya

    Terima kasih atas informasinya :)
    saya ingin bertanya, untuk prodi ilmu perpustakaan dan informasi jika ingin masuk lewat jalur undangan kira-kira mata pelajaran apa yang harus diunggulkan?

    Reply
  20. Pingback: 7 Reaksi Orang Ketika Tahu Kamu Mahasiswa Ilmu Perpustakaan | Blognya Ilmu Perpustakaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s