Jenis-jenis Software Menurut Lisensi

lisensi asliProgram komputer memiliki banyak lisensi. Diantaranya ada Open Source, Freeware, Shareware, Adware dan software dengan lisensi berbayar. Dengan software berbayar sepertinya kita sudah akrab, namun masih banyak jamu-jamu gratisan yang bisa membaut software berbayar menjadi gratis karena di crack dengan program pembajak program yang berupa loader, cracker atau key generator.

Untuk software gratis kita sering bingung dengan istilah-istilah software yang cukup banyak seperti yang disebutkan diatas. Disini gua mau menjelaskan sedikit tentang apa itu Open Source, Shareware, Adware dan Freeware.

1. Open Source
Open source adalah software gratis dengan kelebihan si pengguna dipersilahkan untuk melihat, mengubah source code. Karena terbukanya kode-kode tersebut, si pemakai diperbolehkan untuk merubah dan mengembangkan software tersbut dengan beberapa catatan untuk tidak mengubah nama program dan tidak mengganti nama pencipta software.

2. Freeware
Freeware adalah software yang diberikan secara gratis, namun source code dari program tersebut tidak dibuka untuk dilihat dan diubah oleh pengguna. Tapi kita sudah sangat beruntung bisa menggunakan software tersebut secara cuma-cuma.

3. Shareware
Shareware sama-sama gratis dengan freeware, namun shareware ini memiliki masa waktu dalam penggunaannya dengan kata lain software shareware ini seperti masa percobaan bagi pengguna untuk menggunakan program berbayar. Umumnya semua program berbayar tersedia versi sharewarenya dan masa berlakunya berbeda-beda, ada yang menggunakan hitungan menit seperti software-software game dari popcap dan yang menggunakan hitungan hari maupun bulan. Ketika masa berlaku shareware habis, anda dituntut untuk membeli lisensi program melalui telepon atau internet untuk mendapatkan lisensi yang berupa serial code atau program activator.

4. Adware
Adware berbeda lagi dengan freeware, ada adware yang berbayar dan adware yang gratis. Adware adalah software biasa pada umumnya. Perbedaannya pada program tersebut adware disisipi oleh iklan yang mendanai software tersebut. Karena iklan tersebut lah maka software tersebut dinamai adware yang berasal dari kata advertise atau iklan.

About these ads

One thought on “Jenis-jenis Software Menurut Lisensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s