Prospek Kerja Lulusan S1 Ilmu Perpustakaan

prospek kerja

udah hampir seminggu lebih lupa nggak ngisi blog ini gara-gara sibuk ngurusin aliran sesat yang berkembang di alumni sekolah gua (sok-sok-an banget sih :D), kangen rasanya pengen nulis lagi.

Kemarin hari Jum’at ada mahasiswa baru yang nyapa saya lewat pop-chat facebook. Dia nanya “apa sih prospek lulusan ilmu perpus?” sambil promosi gua bilang aja “coba buka ilmuperpus.wordpress.com”. hahaha…. Berhubung gua udah janji kalau buka blog ini dia akan menemukan jawabannya makanya gua tulis prospek kerja lulusan ilmu perpus.

Curhat dikit ya, sebetulnya dulu gua juga meremehkan jurusan ini waktu gua SMA gara-gara suka bercanda sama temen sebangku gua. Tapi ternyata waktu bedah kampus Universitas Indonesia gua cukup tertarik sama nih jurusan. Gua dulu pengennya masuk ke jurusan yang berhubungan dengan komputer. Entah itu Ilmu Komputer, Sistem Informasi dan lain lain. Berhubung gua waktu SMA emang nggak banyak belajar perihal sibuk ngurusin hal-hal yang nggak ada hubungannya sama akademik. Maka pilihan untuk jurusan yang pasing gradenya nggak tinggi tapi nggak malu-maluin amat ya cuma ilmu perpustakaan. FYI waktu gua masuk ilmu perpustakaan itu di peringkat ke 20 untuk rumpun IPS di UI dari 30 jurusan.Cuma yaitu terpaksa harus belajar IPS karena waktu SMA jurusan saya IPA.

Mata kuliah di jurusan ini juga nggak monoton tentang perpustakaan aja. Yang menarik karena ada komputer-komputernya kita akan belajar tentang Database, Teknologi media grafis, Jaringan Informasi Digital, Manajemen Digital Library dan lain lain. Ya kalau kita nggak jadi pustakawan paling kita bisa jadi orang yang cukup berkompeten sama yang berbau komputer. Gue juga suka sama manajemen. disini juga ada mata kuliah yang mirip-mirip sama manajemen seperti mata kuliah yang udah pernah diikuti sebelumnya yang berjudul “Administrasi Lembaga Informasi” mata kuliah itu kental bagnet nuansa manajemennya. Kita belajar mulai dari memahami karyawan, ruang kerja yang efektif hingga tentang pengelolaan sebuah lembaga dengan teori-teori dari barat dan asia. Mata kuliah selanjutnya yang belum pernah gua telen yang berbau manajemen diataranya ada Manajemen Perpustakaan Pendidikan, Manajemen Perpustakaan Komunitas dan Manajemen Gedung dan Peralatan Lembaga Informasi. Jadi kueliah di perpustakaan nggak melulu tentang buku. Belum lagi seiring jalannya perkembangan teknologi yang semakin berkembang, mata kuliah yang berbau teknologi biasanya ditambah terus tiap tahunnya. Belum lagi kita dapat mata kuliah bahasa inggris sampai bahasa inggris professional. Makin asik tuh kayaknya.

Dari mata kuliah yang udah disebutin tadi pasti akan mengarahke prospek kerja kita nantinya. Dari mata kuliah yang berbau komputer dan database tentunya nanti kita bisa menjadi orang yang cukup mumpuni menjadi pengelola database atau databse maker. Sekarang perusahaan besar mana yang tidak butuh seorang ahli database. Bahkan seorang pencipta database saja tidak cukup karena di mata kuliah lainnya kita belajar tentang manajemen koleksi yang akan berhubungan dengan kemudahan temu balik dokumen dalam deskripsi. Ini yang membuat kita mempunyai nilai plus dari sarjana ilmu komputer. Jadi mata kuliah dasar-dasra organisasi informasi (DOI) dan kosa kata indeks itu gunanya banyak sekali dalam mempersempit pencarian database. Selain itu kita bisa menjadi website designer hingga manajer, secara kita belajar manajemen juga kan? :P

Soal menyoal pustakawan yang konon katanya banyak dicari emang bener. Apalagi jika perusahaan sudah go public mereka harus mempunyai tatanan dokumen yang lengkap dan rapi untuk temu kembali juga dalam masalah kearsipan. Bayangkan jika sebuah dokumen saham salah letak, berabe deh. Ada juga yang bekerja sebagai penata dokumentasi, pencari informasi (ahli informasi), arsiparis, ahli manajemen digital, dan kalau kita berprestasi biasanya kita disekolahin lagi untuk S-2 Ilmu Perpustakaan.

Makanya lulusan ilmu perpus nggak melulu di perpustakaan tetapi hampir seluruh lembaga pemerintah dan swasta, kedubes-kedubes asing. Di samping itu, masih sangat banyak perpustakaan yang jumlahnya ribuan, baik perpustakaan perguruan tinggi, maupun sekolah-sekolah, perpusakaan umum maupun khusus, yang belum mempunyai karyawan berpendidikan formal tingkat sarjana dalam bidang perpustakaan dan informasi.

Itu mungkin prospek seorang sarjana perpustakaan yang bisa gua jelasin untuk sementara. Memang nggak sedikit seorang sarjana perpustakaan yang berpindah haluan dari menjadi seorang pustakawan. Tapi di luar negeri semua orang berbondong-bondong menjadi pustakawan dan dianggap hebar. Karena pustakawan itu adalah pekerjaan yang lebih mulia dari dokter dan guru. Jika seorang dokter mengobati orang sakit. Kita lah yang menyediakan mereka informasi bagaimana menyembuhkan orang sakit. Jika guru mengajari muridnya. Kitalah yang menjadi penjaga sumber ilmu guru tersebut. Dan enaknya lagi selagi kita bekerja kita bisa sambil belajar karena ilmu dari konten isi perpustakaan beragam dan bermacam-macam. Makanya tidak ada ruginya menjadi pustakawan.

Kalau kalian masih ragu dengan jurusan ini, carilah fresh graduate ilmu perpustakaan UI yang nganggur dalam waktu lebih dari setahun. Jarang banget loh! kecuali emang IPKnya benar-benar begitu deh… hehehe

About these ads

51 thoughts on “Prospek Kerja Lulusan S1 Ilmu Perpustakaan

  1. mahe

    wah…….beneran nih…,co’z Q dah dptr perpust…tp msh blom tw bt ap? Pdhal keg Q SEHARI2 brhbngn dgn kompt…

    Reply
  2. Nasrul Makdis

    Ya, saya juga salah seorang pustakawan di IAIN Imam Bonjol Padang dan suka sekali tentang perpustakaan, sehingga semua orang akan tahu akan pentingnya perpustakaan, terutama di perguruan tinggi

    Reply
  3. rose

    hm…..setelah baca ini saya semakin yakin dengan jurusan saya ini.ilmu perpustakaan.di iain raden fatah palembang….semoga pustakawan semakin maju dan berkembang..amien….

    Reply
  4. FS

    Kak, mau nanya kira2 biar msk ilmu perpus, pas ngerjain SIMAK unt kemampuan dasarnya hrs benar brp soal? & kamampuan ipsnya hrs benar brp soal? mohon dijawab ya kak, unt panutan kedepannya, smg saya & agkata 2011 yg lain dimermudahkan jalannya untuk menuntut ilmu di UI, amin….

    Reply
  5. Arief Hidayat Ramadhan

    kak, mau nanya ? bisa kasih contoh pekerjaan nya gak ?

    katanya kan ada yg bisa jadi wartawan, terus ada yg bisa bekerja di perusahaan swasta maupun negeri.
    nah contoh diperusahaan negeri itu apa ? dan swasta itu apa ?
    apa seperti contoh diatas ? seperti penata dok. dan pencari informasi ?

    oh iya, ada kemungkinan bisa kerja diluar negeri gak ?

    thank’s sebelumnya

    Reply
    1. nia

      saya lulusan D3 perpustakaan UNS surakarta tahun 2009..
      kebetulan sudah hampir setaun, saya bekerja di perpustakaan salah satu perusahaan swasta di bogor yang bergerak di bidang penelitian.. pngalaman sndiri nih cz bkan lembaga pendidikan, kita sbgai pustakawan harus lbih fighting menunjukkan fungsi dan pentingnya pustakawan… :D

      Reply
  6. rois

    salam. numpang nanya dunk, lo mau ngelanjutin dr D2 IP ke S1 IP tp yg kls khusus, kul cm hr jum’at smp minggu aja ada ga sh?

    Reply
  7. fajar

    mau tanya ni kak??
    ilmu perpustakaan itu masuk jalur undangan apa gk yah?? :)
    oh iya passing grade untuk masuk di ilmu perpistakaan itu berapa yah???

    terimakasih atas informasinya.. :)

    Reply
  8. agus

    di univ q jurusan ni msh bru…………… n q msuk jurusan ni, jurusan ni kan mempelajari komp jga, namun q g bsa komp bgamana nih?

    Reply
  9. shizuka

    saya suka perpustakaan… tp gak tau deh klo ilmunya,,
    berhubungan dengan komputer gitu ya? huhuhu
    i’m so gloomy……

    Reply
  10. Tiya Annisa

    Kakak Hanif Ridwan,… heheheh :D aku SNMPTN milih Perpustakaan+informasi loh !! makasih info.nya yah ! jd, gk nyesel deh milih jurusan itu. jurusan yg wokeh ! heheheh ;)

    Reply
  11. murhayati

    betul banget awalnya saya juga meremehkan ni jurusan, TAPI lama – lama kalu di dalamin ni pelajaran mengasyikan lo, AKU JURUSAN PERPUSTAKAAN di palembang di iain angkatan 2008, ya angkatan pertama

    semoga saja saya sukses dengan jurusan ini untuk kedepannya
    dan semoga saja di palembang ini benar butuh pustakawan yang sudah skillnya

    Reply
  12. sehid

    terimakasih udh mau berbagi informasi, ini bermanfaat bgt buat saya. dan semoga blok ini bisa ngebolehin saya kuliah di unpad secepatnya amin…..

    Reply
  13. naufalre

    makasih ya kak ridwan atas infonya, walopun sy bkn anak perpus UI, tp bangga masuk perpustakaan, bnyk org yang masih ngeremehin perpus itu apa. tp stay positif ajaa

    Reply
  14. tri haryono

    Makasih Mas infonya, bagi sarjana perpustakaan yang freshgraduate mungkin ada baiknya menimba pengalaman di perpustakaan terdekat domisili anda selagi belum kerja tetap, juga ada baiknya ikut mengembangkan perpustakaan desa bagi yang tinggal di desa’ Perpustakaan Sidodadi, merupakan perpustakaan desa di Yogyakarta, saat ini ada 2 sarjana perpustakaan freshgraduate yang ikut memajukan perpustakaan kami, semoga sukses selalu untuk para sarjana perpustakaan.

    Reply
  15. Annisa Nur Fatwa

    ka hanif ridwan, saya mau nanya nih
    biasanya orang2 yg masuk jurusan Ilmu Perpustakaan suka banyak ga? terutama di UI biasanya sekitar berapa orang ka? insyaallah saya taun besok kuliah mau ngambil jurusan ini, mohon infonya ya ka :) makasih

    Reply
  16. rahmat

    Mau tanya dong ka, saya mahasiswa ilmu perpustakaan. Kalau mau magang di perpustakaan embassy2 gitu bisa ga sih :) ? makasih kak

    Reply
  17. Ratna Mala

    kak, mau tanya apa aja sih yg harus dimiliki oleh mahasiswa ilmu perpustakaan ? ibarat komputer tu spesifikasi mahasiswanya ? apakah harus memiliki daya ingat yg tinggi, ? mempunyai sifat mudah bersosialisasi ?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s