Program Komputer untuk Database

Anak ilmu perpustakaan pasti belajar tentang Database Management System atau akrab dipanggil dengan DBMS. tentunya bagi pemula seperti saya pasti pertama kali diperkenalkan untuk mengunakan Micosoft Acces. Namun, sebetulnya banyak sekali jenis-jenis program untuk pembuatan DBMS yang berbeda-beda dalam pengoperasiannya. Salah-salah fungsi yang beda terkadang sering diberikan perintah dengan nama yang berbeda. Tiap masing-masing database punya kelemahan dan kelebihan, bahkan tidak jarang kita temukan ahli database yang kebingungan ketika menggunakan software database lain. Nah, saya disini akan menjabarkan beberapa database Software mulai dari yang terkenal hingga yang jarang diedengar orang.

1. Microsoft Acces

Microsoft Acces Logo

Microsoft Acces

Siapa sih yang nggak kenal sama produk om Bill Gates dalam bidang database ini? bahkan, setiap kita membeli produk paket dari Microsoft Office (kalau saya sih membajak :p) selalu dibundle dalam paket penjualan. Sayangnya banyak orang yang nggak ngerti buat apaan sih Mocosoft Acces itu, padahal di komputernya terdapat program tersebut/

Acces ini cukup mumpuni untuk digunakan pada perusahaan skala kecil hingga menengah, walaupun terkesan standar tapi sudah mengenal sistem relationship dan bisa diintegrasi dengan Microsoft Visual Basic. Kelemahan yang paling mencolok adalah keamanan data tidak begitu bagus, makanya kalau professional jarang membuat database dengan Acces.

Bisa dibilang MS Acces ini adalah software DBMS yang paling sering digunakan. Karena selain cocok untuk pembuat database pemula, program ini tergolong ringan¬† (kalau yang 2007 nggak janji deh ya) dan hampir berada di setiap komputer. Jadi ketika data tersebut ingin diimpor ke komputer lain tidak perlu repot menginstall program lagi untuk membukanya. Saya sering sekali menemukan toko atau perusahaan kecil yang memakai Microsoft Acces, contohnya dokter gigi langganan saya, panti asuhan, dan lain-lain. Memang untuk mengunakan database ini banyak sekali tutorialnya di Internet. Jadi jika mengalami kebuntuan jangan sungkan-sungkan untuk ngintip google….. kebetulan tugas akhir saya untuk mata kuliah database menggunakan Acces juga banyak ngintip dari google untuk penyedap tampilan form.

2. My SQL

MySQL Logo

MySQL Logo

Kalau Microsoft Acces itu adalah software DBMS paling banyak digunakan, MySQL ini meng-claim dirinya sebagai “The world’s most popular open source database” yang artinya “basis data sumber terbuka yang paling populer”. Menurut saya sih memang layak dikatakan seperti itu, karena memang banyak pemakai database professional yang menggunakan My SQL sebagai software DBMS mereka. Apalagi software ini tergolong open source alias gratis boo… siapa sih yang nggak suka sama gratisan? Apalagi saya.. hahaha

Program database ini bisa di download di website MySQL. Saya sarankan untuk mendownload versi Community Server karena versi ini adalah versi yang paling umum. Ukurannya tidak lebih dari 40 megabytes (tergantung dari pilihan juga sih) dan bisa digunakan di lebih 9 operating system. Oh iya, MySQL ini selain gratis, terkenal di kalangan para programmer dengan kecepatannya. makanya cocok buat digunakan database online yang terintegrasi dengan website. Bahkan di control panel hosting web biasanya membundle dengan MySQL. Dahsyat kan? Bukan itu saja, MySQL juga mempunyai¬† kemampuan rakasasa dalam menampung database, bisa sampe 5 juta entri data loh, Hanya saja kekurangan dari MySQL yaitu securitynya masih sering ditembus oleh hacker-hacker. Mau yang lebih aman? ada juga MySQL versi berbayar. tapi ya itu dia… mesti bayar! hahaha…

3. Oracle

Oracle Logo

Oracle Logo

kalau yang pernah denger perusahaan raksasa it yang bernama SUN Microsystems, Oracle pasti tidak asing dari telinga mereka. Karena Oracle ini adalah salah satu produk dari SUN.

DBMS yang satu ini juga sama dengan MySQL. eeeh, maksudnya sama-sama gratis :D. Untuk mendownload programnya  bisa download di website Oracle, tutorialnya juga ngegedublak disitu. Oracle ini bisa dibilang rivalnya MySQL. kalau MySQL mengandalkan kecepatan, Oracle unggul di Keamanannya.

DBMS ini menurut para review-review di internet yang saya dapat menunjukan inilah database terbaik yang pernah ada. kapasitasnya bisa menampung data hingga ukuran Terabyte (1.000 Gigabyite) Cocok banget buat server-server raksasa karena selain kemampuan storagenya besar DBMS ini cukup stabil dalam mengolah data. Namun untuk versi enterprise yang bisa melakukan kerja-kerja berat seperti itu tentu ada harganya dong. mana bisa kita pake versi gratisan.

Oracle juga sangat cocok bekerja dengan Java. Maklum, Java dan Oracle mempunyai ibu yang sama yaitu Sun Microsystems. Kelemahan dari DBMS ini file adalah recoverynya yang bener-bener makan ruang hardisk, makanya programmer biasa membawa hardisk eksternal bekapasitas besar untuk menyimpan file ekstensi dari Oracle, beda dengan kita yang bawa hardisk eksternal berkapasitas besar untuk nyimpen filem bajakan :D. Untungnya besarnya ruang hardisk yang termakan itu terbayar dengan kemampuan rollback dan recovery yang memuaskan.

4.Microsoft SQL Server

SQL Server

SQL Server

Berbeda dengan Acces, Database ini diperuntukan untuk professional, diposisikan sebagai pesaing dari Oracle ataupun MySQL. Karena produk ini bukan produk ecek-ecek maka Microsoft enggan memasukan Microsoft SQL Server kedalam paket Microsoft Office. Tapi Microsoft juga menyediakan yang versi gratisan loh! silahkan di download disini. Versi gratisnya tentu saja beda sama yang bayar. Labelnya saja sudah diberi tanda Express Edition. Kalau dibandingkan dengan Oracle dan MySQL sebetulnya banyak sekali kekurangan dari DBMS ini; kita ambil conoh kecepatannya tidak secepat MySQL, Hanya bisa dipakai di Windows saja, kapasitas dan keamanan pun masih jauh dari Oracle yang sudah mencapai terabyte. Tapi mempunyai keungulan tersendiri dari Oracle. Jika Oracle bermain pada space hardisk yang besar, Microsoft SQL Server banyak bermain di Memori untuk processing.

SQL Server ini memiliki keunggulan sendiri. tapi keunggulan ini nggak jauh-jauh dari program-program Mirosoft juga. DBMS ini sudah bisa berkoalisi dengan Windows seperti Microsoft Visual Studio, Biztal Server, Office dan lain-lain. Tentunya kita juga tidak boleh melupakan tampilan ciamik khas windows. Tapi sepertinya hal-hal tersebut tidak menarik programmer untuk berpindah haluan ke DBMS ini.

Yah, untuk yang satu ini sepertinya Om Bill Gates harus bertekuk lutut sama Oracle dan MySQL. Tapi nggak tau ya konon kabarnya 2011 Microsoft mau meluncurkan versi baru dari SQL Server ini. Semoga aja bisa lebih gratis, eh maksud saya lebih baik :D

Untuk sementara 4 dulu saja ya. nanti lanjutannya di update lagi. makanya pantengin terus http://www.ilmuperpus.wordpress.com :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s